Judul

Support for Partner Notification Demonstration Site

Nama Peneliti

Peneliti Utama
Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes., DrPH
Peneliti Anggota
I Gusti Ngurah Mahendra, S.K.M., MPH
dr. Gede Benny Setia Wirawan, S.Ked
Ngakan Putu Anom Harjana, S.K.M., MA
Ni Ketut Lestari

Waktu Penelitian

Agustus 2019 – November 2020

Lokasi Penelitian

Jakarta, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar

Ringkasan

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi notifikasi pasangan di kota-kota percontohan di Indonesia. Adapun tujuan spesifik dari penelitian ini adalah (1) Untuk menggambarkan implementasi notifikasi pasangan di kota-kota percontohan di Indonesia, (2) Untuk mengidentifikasi hambatan, risiko, manfaat, dan pelajaran yang didapat dari implementasi notifikasi pasangan di kota-kota percontohan di Indonesia, (3) Untuk memberi rekomendasi mengenai best practice implementasi notifikasi pasangan di Indonesia.
Penelitian ini adalah penelitian formatif metode campuran (mixed method) dengan komponen tinjauan pustaka, studi kualitatif, dan studi kuantitatif. Tinjauan pustaka dilakukan secara non-sistematik untuk mengidentifikasi praktik baik implementasi notifikasi pasangan dari negara-negara lain. Studi kualitatif dilakukan dengan wawancara mendalam dan diskusi kelompok terpumpun yang melibatkan informan dari perwakilan tenaga kesehatan, orang dengan HIV/AIDS (ODHA), masyarakat umum, dan dinas kesehatan kota-kota percontohan dengan analisa tematik. Studi kuantitatif dilakukan dengan menganalisa data sekunder mengenai identifikasi kasus HIV dari notifikasi pasangan di kota-kota percontohan. Hasil dari ketiga komponen tersebut kemudian disintesis dan disusun menjadi rekomendasi kebijakan.

Partner Kerja

WHO Indonesia, Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Dinas Kesehatan Kota Semarang, Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Dinas Kesehatan Kota Denpasar, Dinas Kesehatan Kota Makassar

Sumber Pendanaan

WHO Indonesia