Judul

EHRA (Environmental Health Risk Assessment) Kabupaten Gianyar Tahun 2023

Nama Peneliti

Ni Made Utami Dwipayanti, S.T., M.BEnv., Ph.D
Dr. Sang Gede Purnama, S.KM., M.Sc
Ni Putu Angieta Agripina, S.KM

Waktu Penelitian

Survei dilaksanakan pada pada Bulan Oktober – November 2023. Entry data hasil studi EHRA dan analisis dilakukan pada bulan November 2023

Lokasi Penelitian

Studi ini dilakukan di 30 desa dari 7 Kecamatan yang mewakili semua strata desa di Kabupaten Gianyar meliputi: Kecamatan Blahbatuh (Desa Belega, Desa Keramas, Desa Medahan, dan Desa Blahbatuh), Kecamatan Gianyar (Desa Beng, Desa Gianyar, Desa Lebih, Desa Tegal Tugu, Desa Tulikup, Desa Bitera, Desa Petak, dan Desa Suwat), Kecamatan Payangan (Desa Bresela, Desa Bukian, Desa Kerta dan Desa Puhu), Kecamatan Sukawati (Desa Batuan Kaler, Desa Kemenuh, Desa Batubulan Kangin, Desa Celuk, dan Desa Singapadu Tengah), Kecamatan Tampaksiring (Desa Tampaksiring, Desa Pejeng, dan Desa Pejeng Kelod), Kecamatan Tegalalang (Desa Keliki, Desa Kenderan dan Desa Pupuan), dan Kecamatan Ubud (Desa Mas, Desa Peliatan, dan Desa Sayan).

Ringkasan

Akses yang buruk terhadap sarana air minum, sanitasi dan higiene dapat mengindikasikan potensi cemaran dan kontaminasi yang dapat menjadi sumber penyebaran penyakit di masyarakat. Penilaian risiko kesehatan lingkungan yang dilakukan melalui Environmental Health Risk Assessment (EHRA) bertujuan untuk mengatahui status kesehatan lingkungan di masyarakat untuk mengevaluasi program-program kesehatan lingkungan sebelumnya, dan mengidentifikasi area berisiko. Rancangan studi EHRA adalah studi kuantitatif melalui survey cross-sectional pada 1200 sampel rumah tangga dari 30 desa di Kabupaten Gianyar. Parameter kesehatan lingkungan yang diamati dikembangkan sesuai dengan paramater 5 pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang meliputi perilaku buang air besar, mengelolaan air minum rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga, dan penanganan limbah cair rumah tangga.

Rekan Kerja

Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar

Sumber Pendanaan

APBD Kabupaten Gianyar

Download